Jumat, 23 Agustus 2019

Makalah Kapilaritas Pada Percetakan Grafika




Kata Pengantar
puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, dengan ini saya dapat menyelesaikan tugas makalah yang telah saya susun sedemikian rupa untuk memenuhi tugas Fisika Terapan. Terima kasih saya sampaikan kepada referensi yang telah membantu tugas saya kali ini. Dengan judul KAPILARITAS PADA PERCETAKAN saya harap dapat  membantu dalam proses pembelajaran dan pemahaman Fisika Terapan kali ini. Semoga dengan selesainya tugas ini, saya menjadi mahasiswa yang berkompeten dan dapat bersaing secara global sesuai dengan visi dan misi. Tidak lupa juga terima kasih saya ucapkan untuk kritik dan saran atas makalah ini supaya menjadikan intropeksi ke diri saya sendiri.




 Penulis











Daftar Isi
Pendahuluan :
  1.1   Latar Belakang
  1.2   Ruang Lingkup
  1.3   Maksud dan Tujuan
Pembahasan :
  2.1   Pengertian dan konsep Kapilaritas 
  2.2   Rumus kapilaritas
  2.3   Faktor penyebab kapilaritas
  2.4   Aplikasi kapilaritas dalam percetakan
  2.5   Penyelesaian masalah kapilaritas di percetakan
Penutupan :
  3.1   Kesimpulan








Pendahuluan

1.1 Latar Belakang
Semua fenomena di alam dapat dijelaskan secara ilmiah dan setiap kejadian selalu ada sebabnya, banyak cabang ilmu yang bisa menjelaskan fenomena yang terjadi, salah satunya dengan mempelajari ilmu Fisika Terapan kita dapat menjelaskan fenomena dan kejadian secara objektif dan akurat. Penalaran dan logika sangat diperlukan untuk mencari jawaban fenomena yang belum bisa dijelaskan.  Dalam hal ini saya akan menjelaskan fenomena atau peristiwa Kapilaritas dalam percetakan.
1.2 Ruang Lingkup
      A.            Gaya adhesi dan gaya kohesi
      B.            Gaya kapilaritas
      C.            Dampak kapilaritas pada hasil cetak
1.3 Maksud dan Tujuan
·         Membuktikan adanya kapilaritas pada proses percetakan
·         Menunjukkan bahwa ilmu Fisika Terapan sangat penting dalam percetakan
·         Membuktikan penyebab tinta berada pada kertas dapat dijelaskan secara ilmiah








Pembahasan

  2.1  Pengertian dan konsep Kapilaritas
Kapilaritas adalah fenomena naik atau turunnya permukaan zat cair dalam suatu pipa kapiler (pipa dengan luas penampang yang sempit).
Kapilaritas adalah meresapnya zat cair melalui celah-celah sempit atau pipa rambut yang disering disebut sebagai pipa kapiler. Semakin kecil diameter dalam pipa kapiler, kenaikan permukaan air di dalam pipa kapiler akan semakin tinggi.

  2.2  Rumus kapilaritas
        



  
  
  2.3  Faktor penyebab kapilaritas
Penyebab dari gejala kapiler adalah adanya adhesi dan kohesi. Kohesi adalah gaya tarik menarik antar molekul yang sama jenisnya. Gaya ini menyebabkan antara zat yang satu dengan yang lain tidak dapat menempel karena molekulnya saling tolak menolak. sedangkan adhesi adalah gaya tarik menarik antar molekul yang berbeda jenisnya. Gaya ini menyebabkan antara zat yang satu dengan yang lain dapat menempel dengan baik karena molekulnya saling tarik menarik atau merekat.
Karena adanya gaya adhesi atau kohesi antara zat cair dan dinding celah tersebut. Zat cair yang dapat membasahi dinding kaca pipa kapiler memiliki gaya adhesi antara pipa kapiler dengan dinding pipa kapiler lebih besar. Sedangkan zat cair yang tidak membasahi dinding kaca pipa kapiler memilki gaya kohesi yang lebih besar. Hal ini akan mempengaruhi tinggi rendahnya permukaan zat cair pada pipa kapiler.


  2.4  Aplikasi kapilaritas di percetakan
Dari penjelasan sebelumnya kapilaritas hanya ditemukan apabila zat cair(air dan tinta) yang memasuki celah sempit. Alasan mengapa tinta dan air bisa berada pada kertas karena adanya fenomena kapilaritas. Artinya kapilaritas dapat kita lihat ketika air dan tinta meresap pada kertas. Kertas mengandung serat selulosa dan bahan penolong, jika diamati lebih dalam kertas memiliki celah sempit.
Gejala pada daya isap benda terhadap cairan. Apabila tumpahan tinta kita ambil dengan menggunakan kertas isap, maka lama kelamaan tinta itu akan habis terisap oleh kertas. Dalam hal ini kertas hisap berfungsi sebagai pipa kapiler.

  2.5  Penyelesaian masalah kapilaritas di percetakan
Kapilaritas sangat penting dalam teknik grafika, untuk meningkatkan kapilaritas pada kertas bisa dengan menambahkan bahan penolong (filler) pada kertas. Karena dengan menambahkan filler, celah akan menjadi lebih sempit dan memperbesar kapilaritas.
Gaya kohesi tinta lebih besar dari gaya kohesi air, sebab itu kapilaritas air lebih tinggi ketimbang tinta. Air lebih cepat meresap ke kertas karena gaya adhesi lebih besar dari gaya ahesi tinta.
Penyerapan air yang tinggi pada kertas memiliki cetakan dapat menyebabkan kerusakan image dan tipografi pada kertas.












Penutup

3.1  Kesimpulan
Penting untuk mengetahui kapilaritas pada percetakan, terutama bagaimana cara tinta bisa berada pada kertas. Penyerapan air atau tinta pada kertas merupakan salah satu contoh adanya kapilaritas. Karena viskositas tinta lebih besar, mengakibatkan kapilaritas tinta lebih rendah dari air. Adhesi  dan kohesi mempengaruhi kapilaritas. Luas celah mempengaruhi tinggi rendahnya pipa kapiler.





















Daftar Pustaka



Tidak ada komentar:

Posting Komentar