Jumat, 17 Februari 2017

Peninggalan sejarah perjuangan rakyat KOTA BEKASI

Sejarah kota Bekasi yang
Terlupakan

Sebagian dari kita tidak mengetahui mengapa kota Bekasi dijuluki kota patriot. Mungkin bagi warga pendatang yang tinggal di kota Bekasi tidak mengetahui sejarah kota Bekasi. Bahkan dari mereka yang menetap sejak lama dan memiliki anak pun belum tentu mengetahuinya. Diartikel ini kita dapat mengetahui jejak sejarah kota Bekasi.
    1.  Tugu agus salim

Tugu ini terletak di jalan agus salim tepatnya berada dekat jalur rel kereta api dan berada di tengah pertigaan. Tugu ini dibuat untuk memperingati terjadinya pengeboman bekasi oleh sekutu. Selain itu, ada sebuah markas TNI di dekat tugu namun saat ini dijadikan musolla oleh penduduk sekitar.
Menurut penuturan saksi sejarah yang benama bapak Salim berusia hampir 80 tahun menjelaskan bahwa saat sekutu mendarat, daerah di sekitar tugu agus salim menjadi markas TNI dan laskar perjuangan rakyat. Sekutu dari Jakarta menuju kearah timur dihadang oleh TNI dan rakyat bekasi, akibatnya terjadi bentrok senjata kedua pihak. Untuk mencegah sekutu bergerak ke arah timur, TNI dan rakyat menghancurkan seluruh jembatan yang berada di kali bekasi. Karena sekutu dihadang oleh rakyat, maka mereka mengirimkan pesawat untuk membombarir kawasan tersebut. Setelah sekian lama peristiwa tersebut maka pemerintah membangun sebuah tugu, karena berada dijalan agus salim, maka warga menyebutnya sebagai tugu agus salim.
   2.  Tugu perjuangan rakyat bekasi
Tugu ini terletak di alun – alun kota Bekasi, letaknya yang berada ditengah – tengah taman, di sebelah timur adalah RSUD, di barat markas kodim, di utara masjid agung bekasi, di selatan polres bekasi kota. Tugu ini dibuat sebagai penanda bahwa presiden Soekarno mengunjungi bekasi untuk menenangkan rakyat pasca pembacaan proklamasi.
Catatan arsip nasional menyebutkan, Bung Karno datang karena reaksi rakyat yang telah menahn tentara jepang dan mengambil persenjataannya. Tentara jepang dikeroyoki warga dan membuangnya di kali bekasi. Mendengarnya Soekarno datang ke bekasi untuk berpidato di hadapan rakyat. Karena saat itu, dibangunlah sebuah tugu, didekat tugu tersebut tedapat prasasti yang menerangkan peristiwa tersebut.
   3 .   Gedong Papak

Gedung ini terletak di jalan Juanda. Merupakan markas pejuang Bekasi untuk membantai tentara Jepang dan sekutu. Setelah mendengar Indonesia merdeka, kereta api tentara jepang diberhentikan oleh pemuda bekasi dan dibawa ke gedung ini.
4. tugu bulan bulan
tugu yang terletak di dekat jembatan rel kereta ini merupakan saksi bisu pemuda bekasi yang melakukan pengeroyokan terhadap tentara jepang pasca merdekanya. jasad sedadu jepang dibuang ke kali bekasi.


  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar