Selasa, 07 Maret 2017

makalah bertema Transjakarta

Tugas Bahasa Indonesia
Diskusi
Transjakarta

Nama:
a)        Ahmad  .J.
b)       Fiki .H.(ketua)
c)        Maulana .M.I.
d)       Anisa.T.(moderator)
e)        Ivo .R.
f)          Sonia .A.R.(notulen
Kelas: VIII.1.



PENDAHULUAN


Kami mengucapkan puji yukur kepada Allah SWT atas rahmad dan karunianya yang diberikan sehingga dapat menulis dan menyelesaikan diskusi ini
Diskusi ditujukan agar siswa memiliki kemampuan bermusyawarah, menyampaikan pendapat, membuat keputusan, dan mufakat.
Kami berharap, semua pihak dapat menghargai kerja keras kami selama ini. Maaf jika ada kekurangan dalam hal ini, atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih







Daftar isi:
Bab 1 Permasalahan
1.     Latar Belakang Masalah
Bab 2 Pembahasan
1.     Penyebab
2.    dampak
a)    dampak positif
b)    dampak negative
Bab 3 Pemecahan
1.           Saran
Bab 4 Kesimpulan







BAB 1
BERITA
1.                 Latar Belakang Masalah
Sebagai ibukota negara Indonesia, Jakarta sering dijadikan pilihan bagi sebagian besar masyarakat untuk dijadikan tempat mencari nafkah. Hal tersebut dikarenakan pusat pemerintahan dan pembangunan berada di Jakarta sehingga DKI Jakarta menjadi provinsi yang memiliki keunggulan tersendiri dibandingkan dengan provinsi lain di Indonesia. Di samping itu, Jakarta juga dianggap mampu menyediakan berbagai fasilitas yang lebih lengkap dibandingkan dengan provinsi lain dan mampu menyediakan kesempatan kerja bagi masyarakat. Kondisi itu yang menyebabkan arus urbanisasi ke Jakarta cukup tinggi. Hal tersebut menyebabkan penduduk Jakarta semakin lama semakin bertambah dan berdampak pada berbagai bidang di dalam kehidupan bermasyarakat.

Urbanisasi yang begitu deras “membanjiri” Jakarta di satu pihak memberikan keuntungan, bagi bidang pariwisata misalnya. Keragaman suku bangsa yang tinggal di Jakarta membuat kota ini menjadi kota yang plural sehaingga dianggap sebagai miniatur Indonesia. Keunikan tersebut dapat dipromosikan untuk mengundang wisatawan dari luar. Namun di sisi lain, derasnya arus urbanisasi juga menyebabkan munculnya berbagai masalah. Hal tersebut menunjukkan bahwa masih banyak perbaikan yang menjadi “pekerjaan rumah” baik bagi pemerintah daerah maupun penduduk Jakarta. Di antara berbagai masalah yang melingkupi kota Jakarta, masalah transportasi merupakan masalah yang memiliki urgensi yang cukup tinggi untuk segera diatasi.
Dengan semakin bertambahnya penduduk kota Jakarta, maka modal transportasi umum yang mampu mengakomodir kebutuhan dari masyarakat menjadi hal yang penting. Pemerintah DKI Jakarta akan kesulitan jika kebanyakan dari warganya memilih untuk menggunakan kendaraan pribadi dibandingkan transportasi umum karena kondisi transportasi umum di Jakarta masih ada yang kondisinya relatif kurang layak. Jika pemerintah DKI Jakarta ingin mengurangi keberadaan kendaraan pribadi maka ketersediaan transportasi umum yang layak menjadi hal yang mutlak. Untuk mengatasi masalah tersebut, pemerintah DKI Jakarta merencanakan pembangunan modal transporatasi massa yang layak untuk melayani masyarakat Jakarta. Perencanaan tersebut dimulai melalui peraturan DKI Jakarta yang kemudian tertuang di dalam SK Gubernur  Nomor 84 Tahun 2004 dan Peraturan Gubernur Nomor 103 Tahun 2007 yang berisi tentang pola transportasi makro. Melalui proses tersebut pada Januari 2004 implementasi moda transportasi Transjakarta Busway dimulai .
Transjakarta Busway merupakan lembaga yang berada di bawah Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta . Sebagaimana lembaga lainnya, Transjakarta Busway memiliki visi dan misi lembaga untuk mengatur jalannya Transjakarta Busway. Kesesuaian antara visi dan misi Transjakarta Busway dengan dampak dari pembangunan modal transportasi massa ini menjadi menarik untuk dilihat karena banyak hal terjadi, baik yang bersifat positif maupun negatif, setelah kemunculan Transjakarta Busway di jalanan ibukota. Visi dan misi Transjakarta Busway tentunya mengarah ke perubahan transportasi massa yang lebih baik di Jakarta. Namun kondisi di lapangan menunjukkan keberadaan Transjakarta Busway tidak hanya memberikan perbaikan bagi transportasi massa kota Jakarta, tetapi juga memunculkan hal negatif termasuk banyaknya kecelakaan-kecelakaan yang terjadi di jalur Transjakarta akibat pelanggaran yang dilakukan oleh pengguna jalan umum yang menerobos atau ikut menggunakan jalur Transjakarta.
Dari uraian di atas, kami tertarik untuk membahas tentang keberadaan Transjakarta Busway yang ikut serta dalam dinamika transportasi umum di Jakarta. Namun pada kenyataannya transportasi ini tidak hanya memberikan perubahan yang baik bagi kondisi transportasi umum kota Jakarta, tetapi juga memunculkan permasalahan baru yaitu pelanggaran pengguna jalan umum yang kerap laki menyebabkan kecelakaan lalu lintas.













BAB 2
PEMBAHASAN
3.   PENYEBAB
Ø Kemacetan yang terjadi di Jakarta
Ø Keinginan Pemda DKI Jakarta untuk adanya transportasi berstandar internasional
Ø Program ini telah direncanakan sejak lama
Ø Mengajak masyarakat untuk naik angkutan umum
Ø Agar wisatawan dapat mengelilingi daerah Jakarta
Ø Munculnya transportasi modern di berbagai Negara
Ø Mengajak masyarakat beralih ke angkutan umum


4.  Dampak adanya Transjakarta
A.  Dampak positif
v Terciptanya transportasi masal yang nyaman, bersih, dan murah
v Mengurangi penggunaan kendaraan pribadi
v Mengurangi kemacetan
v Menghemat penggunaan BBM
v Mempersingkat waktu tempuh
v Mempekerjakan aparat
v Mengurangi pengangguran
v Mengurangi tindak criminal di angkutan umum

B.Dampak negatif
Ø Menyita sebagian jalan karena dipakai untuk jalan khusus Busway
Ø Merugikan perusahaan angkutan umum perkotaan
Ø Banyak masyarakat yang tidak mematuhi lalu lintas
Ø Sering terjadi kecelakaan di jalur Busway
Ø Adanya halte, mempersempit ruang publik atau ruang hijau
Ø Masyarakat masih memilih kendaraan pribadi
Ø Jalur Busway rusak memicu keclakaan










BAB 3
PEMECAHAN
1.     SARAN
a)    PemProv DKI Jakarta bersama polantas menilang kendaraan yang masuk ke jalur Busway
b)    Pengurus transjakarta bekerja sama dengan jasa angkutan umum agar masyarakat menggunakan angkutan umum
c)     Memurahkan harga tiket Transjakarta agar masyarakat beralih ke Transjakarta
d)    Mensosialisasikan kepada masyarakat luas
e)    Membuat batas antara jalan raya dan jalan Busway
f)      Memperbaiki jalur Busway agar tidak terjadi kecelakaan
g)    Memperbanyak rute Busway










BAB 4
KESIMPULAN
Transjakarta merupakan transportasi modern yang didanai oleh pemerintah daerah dengan harga yang murah kita bisa menaiki transportasi ini. Sebagai wujud untuk memberikan rasa aman, nyaman, dan bersih telah di berikan oleh angkutan ini.
Sebagai warga masyarakat, sepatutnya untuk menggunakan modal angkutan ini agar kita dapat mengurangi kemacetan dijalan besar. Walaupun program ini tidak berjalan mulus kita harus mendukung langkah pemerintah untuk menangani kemacetan.
Sebagai pemerintah daerah sepatutnya meningkatkan kualitas dari Transportasi ini agar warga menggunakan angkutan masal ini.



-Selesai-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar