Rabu, 11 September 2019

Contoh LPJ (Laporan Pertanggung Jawaban) Kunjungan Industri


SENAT MAHASISWA
PROGRAM STUDI D3 ANALIS FARMASI DAN MAKANAN
FAKULTAS KESEHATAN UNIVERSITAS MH. T******
Jl. Raya P**** G*** No. 00-00 K**** J*** Telp. 8096411-***
Fax. 8092*** J****** T**** 13***

PROPOSAL
KEGIATAN KUNJUNGAN MAHASISWA
KE INDUSTRI FARMASI DAN MAKANAN

       I.            PENDAHULUAN
Perguruan tinggi adalah suatu jenjang pendidikan tertinggi dimana terdapat beberapa jurusan dengan masing-masing tingkatan yang berbeda. Salah satunya yang bergerak di bidang kesehatan . Perguruan tinggi kesehatan adalah lembaga pendidikan tertinggi yang mendidik dan melahirkan mahasiswa/i yang siap guna.
Hal ini di maksudkan agar terlahir para ahli madya yang terampil, teliti, dan cekatan serta professional yang mampu mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi berdasarkan prosedur yang tak luput dengan berlandaskan keimanan dan ketaqwaan yang kuat kepada Tuhan Yang Maha Esa.
Selain itu hal ini dapat pula meningkatkan kesejahteraan kehidupan masyarakat dengan memanfaatkan dan mendayagunakan sumber daya alam yang dikelola langsung oleh sumber tenaga kerja yang kompeten, khususnya dibidang industri farmasi . Hal ini dapat terwujud dengan adanya peran dari pihak-pihak yang pengetahuannya dan mempraktekannya di Industri Farmasi.
Berdasarkan hal tersebut diatas, maka perlu dilakukan studi lapangan berupa kunjungan ke tempat produksi yang terkait. Kunjungan tersebut diharapkan dapat menambah dan meningkatkan pengetahuan serta motivasi mahasiswa untuk menjadi tenaga ahli kesehatan yang dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan dan kemajuan dikalangan institusi khusunya bidang farmasi dan makanan .


     II.            MAKSUD DAN TUJUAN
Adapun maksud dan tujuan diadakan kegiatan ini adalah :
·        Melaksanakan program perkuliahan Mahasiwa/i Prodi Studi D III Analis Farmasi dan Makanan Fakultas Kesehatan Universitas MH. T***** Jakarta
·        Melaksanakan program Senat Mahasiwa Anafarma Fakultas Kesehatan Universitas MH. T***** Jakarta
·        Sebagai sarana meningkatkan wawasan dan ilmu pengetahuan dalam bidang farmasi dan makanan
·        Mengetahui proses produksi dan pendistribusian di industri farmasi dan makanan

III.            WAKTU DAN TEMPAT
Kunjungan pabrik pertama
1.      Hari          : Rabu
2.      Tanggal    : 2 Maret 2016
3.      Pukul        : 13:30 – 17:00 WIB
4.      Tempat     : PT. KIMIA FARMA

  IV.            PESERTA DAN PELAKSANAAN
Kegiatan kunjungan pabrik ini akan diikuti oleh Mahasiwa  semester IV serta Staff dan Dosen Pembimbing Prodi D III Analis Farmasi dan Makanan Fakultas Kesehatan Universitas MH. T***** Jakarta. Jumlah perserta terdiri dari
Ø  Dosen                                           : 2
Ø  Ass. Dosen                                  : 3
Ø Mahasiwa semester IV                 : 52  +
Jumlah                                         : 57


    V.            SUSUNAN KEPANITIAAN
Adapun susunan kepanitiaan dari kegiatan ini terlampir

  VI.            HASIL KEPANITIAAN
  1.      KETUA
# Job Description
1.      Memimpin jalannya rapat
2.      Mengawasi dan membantu tugas dari masing masing seksi
3.      Bertanggung jawab kepada ketua senat Anafarma
# Pelaksanaan
·         Tanggal 29 Februari 2016
Rapat mengenai kesiapan transportasi dan konsumsi
·        Tanggal 23 Februari 2016
Rapat menghubungi Pt. Kimia Farma untuk diskusi tanggal kunjungan
·        Tanggal 2 Februari 2016
Rapat mengenai humas untuk survei tempat Pt. Kimia Farma dan pembelian konsumsi dekat dengan Pt. Kimia Farma
·        Tanggal 17 Februari 2016
Rapat mengenai persiapani seksi peralatan  ; spanduk, sertifikat, dan plakat
            # Hasil
·        Tanggal 29 Februari 2016
Transportasi : Menggunakan Hiba ( full ac )
Konsumsi      : Pemesanan konsumsi dekat dengan Pt. Kimia Farma
·        Tanggal 23 Februari 2016
Pihak PT. Kimia Farma menyetujui kunjungan industri pada tanggal 2 Maret 2016 pada jam 13:30 WIB
·        Tanggal 2 Februari 2016
Pemberangkatan survei pada tanggal 3 februari 2016 pada jam 08:00, dan memesan konsumsi dekat dengan PT. Kimia Farma
·        Tanggal 17 Februari 2016
Pembelian/pemesanan sertifikat, spaduk, dan plakat pada tanggal 18 februari 2016 dan pengambilan pada tanggal 25 februari 2016

  2.      WAKIL KETUA
#  Job Description
1.      Membantu ketua dalam menjalankan tugasnya
2.      Menggantikan ketua pelaksana dalam memimpin rapat bila ketua pelaksana berhalangan hadir atau dalam keadaan tidak sehat jasmani
3.      Bertanggung jawab kepada senat Anafarma
# Pelaksanaan
1.      Bersama-sama dengan ketua pelaksana mengadakan rapat seperti yang telah dijabarkan sebelumnya

  3.      SEKRETARIS
# Job Description
1.      Mencatat seluruh kegiatan yang dilaksanakan selama rapat berlangsung dan bertanggung jawab semua masalah kesekretariasan
2.      Bertanggung jawab kepada ketua pelaksana
# Pelaksanaan

No Surat/Proposal
Hal
Tanggal Proposal
Tujuan

Permohonan Kunjungan

15b Januari 2016
PT Erita
PT Yakult
PT Otsuka
PT Biofarma
PT Kimia Farma


  4.      SEKSI HUMAS
# Job Description
1.      Mengajukan proposal pada pabrik yang dituju
2.      Memberitahukan kepada mahasiswa baik lisan maupun tulisan
3.      Menyampaikan semua surat kepada yang dituju
4.      Bekerja sama dengan seksi lain
5.      Bertanggung jawab kepada ketua
# Pelaksanaan

No Surat/Proposal
Hal
Tanggal Proposal
Tujuan
006/K.I/SEMAFMA/II/2016
Permohonan Kunjungan

PT Erita
PT Yakult
PT Otsuka
PT Biofarma
PT Kimia Farma

  5.      SEKSI KONSUMSI
# Job Description
1.      Mengatur dan menyediakan makanan
2.      Bertanggung jawab atas kebersihan mobil
3.      Bekerja sama dengan seksi lain
4.      Bertanggung jawab kepada ketua
# Pelaksanaan
1.      Semua tugas telah dilaksanakan

  6.      SEKSI DOKUMENTASI
# Job Description
1.      Mendokumentasikan setiap pekerjaan
2.      Bekerja sama dengan seksi lain
3.      Bertanggung jawab kepada ketua
# Pelaksanaan
1.      Menyediakan alat seperti kamera dan lain-lain
2.      Mendokumentasikan setiap kegiatan

  7.      SEKSI TRANSPORTASI DAN PERLENGKAPAN
# Job Description
1.      Bertanggung jawab terhadap transportasi
2.      Bertanggung jawab kepada ketua
3.      Mengatur jadwal keberangkatan
# Pelaksanaan
1.      Para peserta berangkat pada pukul 07:00

  8.      BENDAHARA
# Job Description
1.      Bertanggung jawab keluar masuknya uang
2.      Membantu tugas ketua dan sekretaris
3.      Bertanggung jawab kepada ketua

RINCIAN DANA KUNJUNGAN INDUSTRI
PEMASUKAN
   1.      Pembayaran KI 52 orang                                         = Rp. 00.000.000,00
PENGELUARAN
  1.      Survei                                                                         = Rp.000.000,00
  2.      Dp bus                                                                        = Rp.000.000,00
  3.      Spanduk                                                                     = Rp.000.000,00
  4.      Plakat                                                                                     = Rp.000.000,00
  5.      Sertifikat                                                                    = Rp.000.000,00
  6.      Dp konsumsi                                                             = Rp.000.000,00
  7.      Aqua                                                                           = Rp.000.000,00
  8.      Pelunasan bus                                                           = Rp.0.000.000,00
  9.      Pembelian map                                                         = Rp.000.000,00
  10. P3K                                                                             = Rp.000.000,00
  11. Pelunasan konsumsi                                                            = Rp.0.000.000,00
  12. Tip bus, tol & supir                                                  = Rp.000.000,00
  13. Permen                                                                       = Rp.00.000,00
Sisa Akhir                                                                              = Rp.0.000.000,00
Pengembalian uang terhadap 52 Mahasiswa Peserta KI Rp.00.000,00/Mahasiswa/i

VII.            HAMBATAN & SOLUSI
Hambatan
1.      Keterlambatan waktu pada saat berkunjung pabrik dikarenakan cuaca kurang mendukung.
2.      Komunikasi yang kurang baik antara PT. Kimia Farma dengan Seksi Humas.
3.      Komunikasi yang kurang baik dengan beberapa seksi bagian.
            Solusi
  1.      Mengabari Pihak PT yang  bersangkutan untuk pengunjungan yang agak terlambat, agar tidak terjadinya Miss Comunication
   2.      Mengabari pihak PT yang bersangkutan pada jangka waktu yang panjang.
  3.      Melaporkan kendala-kendala yg terjadi pada tiap seksi pada ketua agar dapat diatasi dengan baik & segera.


VIII.            PENUTUP










PANITIA PELAKSANA

Ketua Pelaksana                                                                                     Sekertaris

                                                                                                                                   
Ulfah F*******                                                                               Afan N********        NIM            :                                                                                             NIM   :                                                                        

                                                                Menyetujui
                                                Ketua Senat D3 ANAFARMA


                                   Muhammad A****                                      
       NIM   :

                                                Ketua Prodi D3 ANAFARMA


                                                   Drs. S***** T**** MM,Apt


                                                                                               
LAMPIRAN
Daftar Pabrik - pabrik yang rencananya akan di kunjungi :
           
1.      PT Erita
2.      PT Yakult
3.      PT Otsuka
4.      PT Biofarma




SUSUNAN PANITIA PELAKSANA
Pembina                    : 1. Drs. S****** T****,MM,Apt
(Ketua Prodi D3 Anafarma Fakultas Kesehatan Universitas   MH.T******)
                                     2. Hj. S***** A********,S.Si.M.Farm
( Sekertaris D3 Anafarma Fakultas Kesehatan  Universitas  MH.T*****)
Penanggung Jawab : Muhammad A****
(Ketua Senat D3 Anafarma Fakultas Kesehatan Universitas MH. T***** )
Ketua Pelaksana     : Ulfah
Wakil Ketua                        : Erlianus
Sekretaris                 : Afan
                                      Dianah
Bendahara                : Rika
                                       Vonny

Seksi-seksi
Sie. Humas
Koordinator              : Hengki
Anggota                     : Arlina
                                      Friska 
                                      Fani


Sie. Dokumentasi
Koordinator              : Amelia
Anggota                     : Alfira

Sie. Konsumsi
 Koordinator             : Shinta
Anggota                     : Rima
                                      Hery
                                      Angga
                                      Mulyani

Sie. Transportasi
Koordinator              : Nursahid
Anggotas                    : Ibnu 
                                      Arsala

Sie. P3K
Koordinator              : Fajar
Anggota                     : Ulfia

Sie. Acara
Koordinator              : Luvi
Anggota                     : Diana
                                      Ika
                                      Tiara
                                   

Sie. Perlengkapan
Koordinator              : Erri
Anggota                     : Dwi
                                      Ana
                                      Haifa

Sie. Keamanan
Koordinator              : Fahril
Anggota                     : Meidianur
                                                  Puspa
 
ANGGARAN BIAYA YANG DIRENCANAKAN
Pemasukan :
Tingkat II       : 52 orang X Rp.000.000                                         = Rp. 00.000.000,-
Total               :                                                                                   = Rp. 00.000.000,-

Pengeluaran :
1.      Kesekretariatan                                                                          = Rp. 000.000,-
Jumlah                                                                                        = Rp. 000.000,-

2.      Konsumsi
·        Snack Mahasiswa     (52 orang x Rp. 00.000,-)    = Rp.    000.000,-
·        Snack Dosen                         ( 5 orang x Rp. 00.000,-)     = Rp.      00.000,-
·        Makan Siang                         ( 57 orang x Rp. 00.000,-)   = Rp. 0.000.000,-
·        Aqua Gelas                ( 4 x Rp. 00.000,-)                = Rp.      00.000,-     
Jumlah                                                                                  = Rp. 0.000.000,-    

3.      Transportasi
·        Bus Besar 1 unit                                                       = Rp. 0.000.000,-
·        Tol dan Parkir                                                                       = Rp.    000.000,-
·        Biaya Supir dan Kondektur                                                = Rp.    000.000,-
Jumlah                                                                                  = Rp. 0.000.000,-

4.      Perlengkapan
·        Spanduk                                                                    = Rp. 000.000,-
·        Plakat                         (2 x Rp. 000.000,-)              = Rp. 000.000,-
Jumlah                                                                                 = Rp. 000.000,-


5.      Humas
·        Transportasi                                                            = Rp. 000.000,-
·        Telephone                                                               = RP. 000.000,-
 Jumlah                                                                               = Rp. 000.000,-

6.      Dokumentasi
·        Cetak Foto                                                              = Rp. 000.000,-
Jumlah                                                                               = Rp. 000.000,-
7.      Dana Tak Terduga                                                                     
Jumlah                                                                               = Rp. 000.000,-

8.      P3k
Jumlah                                                                              = Rp. 000.000,-
                       
Total Biaya Pengeluaran                                                         = Rp. 00.000.000,-
Sisa = ( Pemasukan – Pengeluaran )
        = Rp. 00.000.000 – Rp. 00.000.000
        = Rp. 000.000


Tidak ada komentar:

Posting Komentar